Tips Beternak Ikan Bandeng Secara Organik , isu makanan yang terpapar pestisida dan bahan kimia jenis lain sangat berbahaya membuat berbagai pangan organik makin diburu oleh konsumen yang sadar menjaga kesehatan.
Nah, salah satu pangan organik yang saat ini cukup banyak diminati adalah ikan bandeng organik. Namanya saja organik, tentu ikan bandeng jenis ini diternak secara alami tanpa bahan pakan kimia sama sekali. Tak hanya sehat, daging ikan bandeng organik rasanya lebih lezat, lebih gurih, empuk dan rendah lemak

Berikut Tips membuat pakan organik ikan
- Dedaunan hijau bersama jerami dan batang pisang plus kotoran binatang (Sapi, kerbau, kotoran ayam) difermentasi selama seminggu untuk dijadikan pupuk kompos.
- Pupuk kompos akan terbentuk setelah seminggu difermentasi.
- Pupuk kompos dilepas (ditebar) ke permukaan tambak bandeng atau tambak udang (empang). Biarkan, setidaknya selama seminggu.
- Setelah seminggu atau lebih berlalu, terbentuk cacing-cacing, mikroba atau organisme di permukaan air tambak. Cacing-cacing tersebut muncul karena tebaran pupuk kompos yang tentu saja berbahan organik. Mikroba atau cacing inilah yang akan jadi pakan alami bandeng atau udang.
- Saat permukaan tambak sudah terbentuk mikroba, maka ribuan bibit bandeng atau udang bisa ditebar. Lazimnya bibit bandeng atau udang sudah berusia setidaknya seminggu sebelum ditebar.
- Ribuan bibit bandeng tersebut kemudian akan memangsa cacing-cacing yang muncul dari pupuk kompos yang ditebar di permukaan tambak. Inilah bahan pakan alami yang mereka santap sampai siap dipanen pada kurun waktu tiga bulan setelah ditebar.
 
Top